#19: Kepelayanan
Kepelayanan adalah ciri ke 19 dari 21 kualitas pemimpin sejati menurut John Maxwell. Pemimpin yang baik harus dapat melayani orang lain dan memberikan nilai tambah pada mereka, bukan memanfaatkan orang lain. Penerapan kepemimpinan yang melayani dalam perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pekerja. Menurut survey dari AC Nielsen, bila kepuasan bekerja meningkat maka dengan sendirinya laba finansial juga meningkat.
#19: Kepelayanan – Agar Maju, Dahulukanlah Orang Lain
“Instead, whoever wants to become great among you must be your servant, and whoever wants to be first must be slave of all.”
-- Mark 10:43-44 (NIV)
#19: Kepelayanan – Agar Maju, Dahulukanlah Orang Lain
- Kepelayanan bukan soal posisi atau keterampilan, tetapi soal sikap.
- Kepelayanan artinya sengaja mencari tahu kebutuhan orang lain, sengaja menawarkan diri untuk membantu, dan dapat menerima bahwa keinginan mereka itu penting.
- Pemimpin dapat melihat kebutuhan orang lain, mengambil kesempatan untuk melayani, dan tidak mengharapkan balasan apapun.
- Kepelayanan bukan bermotif manipulasi atau promosi diri, melainkan didorong oleh kasih.
- Jika anda ingin memimpin di tempat tertinggi, bersedialah untuk melayani di tempat terendah.
“Instead, whoever wants to become great among you must be your servant, and whoever wants to be first must be slave of all.”
-- Mark 10:43-44 (NIV)