« Home | Rangkuman Peopleware - Bagian 2 » | Rangkuman Peopleware - Bagian 1 » | Pandangan Mengenai Platform Java dan .NET » | Platform - Which way 2 go? (Only 4 Techies) » | Nick Vujicic: When God Says No, He Says Yes for So... » | 10 Alasan Untuk Bangkit Ketika Kamu Gagal atau Dik... » | 21 Kualitas Pemimpin Sejati » | #21: Visi » | #20: Sikap Mau Diajar » | #19: Kepelayanan »

Rangkuman Peopleware - Bagian 3

The Right People
Bagian ketiga dari buku Peopleware karya Tom Demarco dan Timothy Lister membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

Bagian 3: Rekrutlah orang-orang yang tepat, buatlah mereka senang, dan jangan biarkan mereka pergi

Rekrutlah orang-orang yang memiliki kompetensi. Jangan takut dan kuatir dengan penampilan luar yang sedikit aneh dan berbeda. Pemilihan orang yang tepat untuk perusahaan ditentukan saat perekrutan karena seorang manajer tidak akan dapat mengubah perilaku bawahannya menjadi lebih baik.

Ketika merekrut seseorang, lihatlah tugas-tugas yang pernah diselesaikannya di masa lalu. Kalau perlu adakan semacam audisi, mintalah mereka melakukan 10 atau 15 menit presentasi untuk menceritakan pekerjaan/project yang pernah diselesaikan. Hadirkan calon rekan kerja mereka saat acara presentasi berlangsung sehingga anda juga bisa mendapat feedback dari mereka. Dengan adanya semacam audisi ini, anda dapat melihat kemampuan mereka dalam berkomunikasi serta semangat dan gairah mereka dalam pekerjaannya yang lalu. Tes kemampuan minat dan bakat juga perlu namun bukanlah hal yang terpenting karena tes ini sebagian besar hanyalah mengetes kerja otak kiri. Sebagian besar hal yang dilakukan di dunia kerja nantinya akan membutuhkan otak kanan.

Cobalah memikirkan berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan adanya turnover. Kita perlu meluangkan waktu untuk menyeleksi dan mewawancara pegawai baru, kita juga perlu melakukan training pegawai baru, pegawai baru tidak langsung memiliki produktivitas yang tinggi karena dia perlu beradaptasi. Semua ini memerlukan biaya yang tinggi sehingga mempertahankan pegawai adalah hal yang sangat penting. Untuk mempertahankan pegawai, anda harus membuat mereka merasa benar-benar diinginkan untuk tetap berada di sana. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengadakan training-training untuk karyawan sehingga mereka dapat mengembangkan diri mereka. Selain itu perusahaan anda harus selalu berusaha menjadi the best supaya karyawan anda puas dalam bekerja dan merasa bodoh kalau mencari pekerjaan lain.

Methodology (metode, aturan, dan standart) dan dokumentasi yang berlebihan akan menghambat kreativitas dan membuat orang tidak senang. Orang-orang akan bekerja dengan lebih baik bila mereka diijinkan untuk mencoba sesuatu yang baru. Mencapai keseragaman adalah hal yang penting, namun ada cara-cara yang lebih baik untuk mencapai keseragaman, misalnya: melakukan training, menyediakan sarana atau alat untuk otomatisasi (tools), dan mengadakan peer review (pertemuan antar rekan kerja untuk mengevaluasi dan membahas pekerjaan). Melalui ketiga hal di atas dengan sendirinya akan ditemukan metode untuk mengatasi hal-hal yang terjadi berulang kali. Metode inilah yang nantinya bisa diterapkan sebagai standart. Jadi sesuatu yang diterapkan sebagai standart harus telah terbukti sukses dilaksanakan.

Wah,peopleware buku bagus.
beli di mana ya?

Post a Comment