« Home | Platform - Which way 2 go? (Only 4 Techies) » | Nick Vujicic: When God Says No, He Says Yes for So... » | 10 Alasan Untuk Bangkit Ketika Kamu Gagal atau Dik... » | 21 Kualitas Pemimpin Sejati » | #21: Visi » | #20: Sikap Mau Diajar » | #19: Kepelayanan » | #18 : Disiplin Diri » | #17: Kemapanan » | #16: Tanggung Jawab »

Pandangan Mengenai Platform Java dan .NET

dotnet

Pada posting sebelumnya saya menuliskan kebingungan saya mengenai pemilihan platform pengembangan aplikasi. Tetap bertahan dengan Win32, atau mulai menggunakan waktu untuk belajar Java / .NET.
Terima kasih untuk pembaca blog yang telah memberikan comment-commentnya. Ini sangat berguna sebagai bahan pertimbangan. Pada akhirnya, saat membuat posting ini saya telah membuat keputusan untuk mulai belajar .NET. Berikut ini adalah pertimbangan saya untuk memilih mulai mempelajari platform .NET.

Win32
Aplikasi Win32 tentunya memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan aplikasi yang dibuat dengan Java atau .NET. Tetapi pengembangan ke depan untuk platform ini tampaknya mulai digantikan oleh platform .NET. Tools-tools untuk pembuatan aplikasi terbaru selalu mengarah ke .NET atau Java. Mengenai masalah platform .NET dan Java yang haus hardware resource tampaknya akan dengan mudah teratasi karena kemampuan hardware yang selalu meningkat dengan pesat.
Platform ini masih yang terbaik untuk kinerja, namun tidak ada salahnya untuk melihat ke masa depan dan mulai mempelajari Java atau .NET.

Java
Platform ini sebanarnya memiliki feature yang sangat powerful. Cuma masalahnya terletak pada tingkat kesulitan untuk belajar. Selain itu pengembangan Java yang didukung oleh banyak pihak (mis: IBM, HP, SUN) juga dapat menimbulkan masalah tersendiri. Dalam dunia Java ada terlalu banyak pilihan. Untuk IDE saja ada dua editor yang sama hebatnya Eclipse dan Netbeans. Untuk pembuatan User Interface ada pilihan Swing atau SWT.
Terlalu banyak pilihan dalam dunia Java dan menurut saya itu membingungkan.

.NET
Platform ini didukung oleh satu vendor yang sangat kuat. Microsoft memegang kendali penuh atas .NET dan tentu akan mengeluarkan tools-tools programming yang bagus untuk platform ini, selain itu Microsoft juga rajin mengadakan seminar atau pelatihan .NET sehingga sarana belajar tersedia melimpah. Mempelajari .NET cukup mudah sehingga dengan sendirinya produktivitas akan lebih tinggi. Platform ini juga akan dimiliki oleh banyak user karena .NET framework kelihatannya akan selalu disertakan pada sistem operasi Windows yang terbaru.

Bagaimana dengan bahasa pemrograman untuk .NET yang tersedia cukup banyak? Untuk bahasa pemrograman, saya memilih C#. Bahasa ini dikembangkan oleh Microsoft sendiri dan telah terdaftar untuk standart ECMA dan ISO.

So, .NET is my choice. How about you?

Btw, untuk yang masih penasaran tentang .NET vs Java, ulasan yang terbaru ada di blog ITToolbox.

Welcome to the .NET family :)

Post a Comment